Ukiran Khas Yogyakarta

Yogyakarta sebagai salah satu daerah yang  memiliki kerajaan yang  masih eksis hingga saat ini tentu saja memiliki peninggalan-peninggalan kebudayaan yang bernilai tinggi dan beragam. Dari mulai pahatan batu, ukiran perak, batik maupun ukiran kayu. Berbeda dengan dengan ukiran jawa pada umumnya, ukiran Yogyakarta memiliki ciri khas yang sedikit berbeda. Simbol-simbol kerajaan atau kesultanan tampak menonjol pada ukiran kayu Yogyakarta. Unsur daun pakis dan bunga yang sedang mekar tampak menonjol pada ukiran Yogyakarta. 


Ukiran di Masjid Agung Yogyakarta
Foto :  Tri Wibowo


Ukiran di langit-langit Masjid Agung Yogyakarta
Foto : Tri Wibowo


Ukiran-ukiran yang berusia ratusan tahun dapat kita temui di keraton Yogyakarta dan Masjid Agung Yogyakarta. Sedangkan ukiran yang lebih modern dapat kita temukan di rumah-rumah, gedung-gedung maupun di hotel-hotel yang bergaya khas Yogyakarta.


Ukiran di salah satu rumah makan terkemuka di Yogyakarta.
Foto : Tri Wibowo

Selain indah, ukiran Yogyakarta ini juga tampak artistik, cocok untuk kita gunakan untuk melengkapi ornamen rumah kita sehingga rumah kita tampak lebih asri dan elegan tanpa meninggalkan identitas bangsa. (Tri Wibowo/Interior Magazine)