Merancang Taman Rumah

Sebuah rumah belum dikatakan lengkap apabila belum mempunyai taman baik taman depan rumah maupun taman belakang rumah. Taman bukan hanya memperindah rumah namun mempunyai fungsi membuat rumah kita menjadi sehat karena akan banyak tersedia oksigen di siang hari.Fungsi kesehatan terutama untuk rumah-rumah yang berada di perkotaan yang sangat minim akan tersedianya fasilitas daerah hijau atau pepohonan. Suasana perkotaan yang penuh sesak dengan bangunan, beton, kebisingan dan polusi udara tentu sangat membutuhkan keberadaan taman di rumah-rumah maupun di perkantoran. 


Foto : Tri Wibowo

Walaupun pemerintah telah menggalakan pentingnya penghijauan, namun keberadaan daerah hijau sangat tertinggal dengan perkembangan bangunan. Tentu saja hal ini membuat ketidakseimbangan terhadap antara kesehatan masyarakat di perkotaan. 


Foto : Tri Wibowo

Dalam merancang sebuah taman di rumah kita ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan, yaitu :
  1. Lokasi. Kita harus menyesuaikan lokasi tempat tinggal kita dengan rancangan taman yang akan kita buat. Sebagai contoh adalah apabila rumah kita tempat tinggal tentunya kita harus merancang taman kita dengan tumbuhan yang bisa hidup di daerah pesisir. Tumbuhan yang hidup di daerah pegunungan akan tumbuh tidak sesuai dengan yang kita harapkan, bahkan bisa mati karenanya. 
  2. Luas lahan. Luas lahan sangat menentukan dalam merancang sebuah taman. Luas lahan sempit akan lebih cocok dengan rancangan ala Japanese Garden dengan banyak tanaman bonsai atau tanaman yang berukuran kecildi dalamnya. Sementara lahan yang luas sangat cocok kita rancang ala European Garden. Taman dengan rumput hijau yang luas, bebetrapa pepohonan yang besar yang menaungi dan beberapa sudut taman dengan bunga warna-warni khas eropa.
  3. Gambar. Buat sketsa taman sederhana dengan mempertimbangan luas lahan dan model taman yang akan kita buat. Ada baiknya kita melihat-lihat taman-taman milik tetangga atau siapapun yang taman rumahnya kita sukai. Apabila perlu ambilah gambar memakai kamera agar kita tidak lupa gambaran taman tersebut. Taman-taman yang telah kita ambil gambarnya dapat kita padukan dalam sektsa taman atau rancangan taman sesuai yang kita inginkan. Apabila anda sibuk mintalah para ahli taman atau orang lain yang dapat membuat gambar rancangan taman. Rancangan sebaiknya dibuat lengkap dengan rincian biaya bahan bangunan dan pepohonan/bunga yang akan kita beli. Macetnya pembuatan taman karena kehabisan biaya akan membuat taman impian kita tidak sesuai dengan yang kita harapkan.
  4. Tunjuklah Tukang profesional atau ahli taman/pemborong khusus taman. Pengerjaan taman oleh  tukang yang tidak kompeten akan menghancurkan impian taman kita. Tukang yang ahli dalam bangunan biasa belum tentu kompeten dalam pembuatan taman. 


 Foto : Tri Wibowo

Demikian beberapa hal yang harus kita persiapkan dalam membuat taman rumah, perkantoran, taman umum atau taman-taman lainnya. Dengan persiapan yang matang akan tercapai hasil yang sangat memuaskan. Go green ! (Tri Wibowo/Interior Magazine)