Pagar Batu dan Dinding Unik

Memberi kesan kokoh pada rumah kita dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menambahkan ornamen batu pada pagar dan dinding rumah kita atau menjadikan bebatuan sebagai bahan dsar pagar rumah kita. Selain memberi kesan kokoh rumah kita akan terkesan lebih natural atau alami. Kesan tegar dan maskulin juga akan terlihat apabila kita menggunakan pagar rumah dari bahan batu-batuan. 

Berikut ini adalah beberapa jenis batubatuan yang dapat kita gunakan sebagai ornamen pagar rumah kita :

1. Batu Kali

Batu kali yang dapat kita gunakan dapat berupa batuan sungai yang dapat kita pasang utuh maupun kita pasang setelah kita pecahkan terlebih dahulu.


 Batu kali untuk pagar rumah

Kombinasi batu kali, andesit dan marmer membuat taman dan pagar menjadi lebih indah.

2. Batu Alam Serpih

Batu serpih biasanya merupakan batuan muda yang berasal dari perbukitan atau pegunungan yang dapat diambil dengan cara membelahnya. Serpihan-serpihan batu ini akan membuat tekstur memanjang pada rumah atau pagar rumah.

 Batu alam berbentuk serpihan untuk urnamen natural.

Batu alam untuk pagar.

Pagar batu alam

3. Marmer

 Marmer adalah jenis bebatuan yang diperoleh dari pegunungan. Marmer memberi kesan kemewahan. Marmer cocok untuk desain rumah klasik. Marmer dapat diolah sedemikian rupa dengan potongan yang bervariasi dari potongan kecil hingga besar dan tekstur yang bermacam-macam pula dari yang bertekstur kasar hingga halus. Salah satu kelemahan batu marmer untuk pagar adalah cepat kotor dan kusam terutama untuk marmer yang bertekstur kasar.



4. Granit

Granit memberi kesan kokoh, kuat, berat namun tetap mewah. Batu granit tersedia dalam berbagai jenis bentuk dari yang kecil hingga besar. Bahkan granit tersedia dalam bentuk masih bongkahan. Dari segi kekuatan granit mempunyai tingkat kekuatan yang paling tinggi namun dengan demikian pengerjaannyapun mempunyai kesulitan yang lebih tinggi.

 Batu granit di dinding membuat kesan kokoh dan mewah.

Batu granit dalam bentuk bongkahan dan serpihan

5. Batu Koral dan Batu Alam Kecil

Batu koral biasanya berasal dari sungai. Bentuknya tidak mempunyai banyak pilihan. Biasanya berbentuk bulat atau lonjong. Kesan natural atau alami dapat terlihat apabila kita menggunakan jenis batu ini untuk ornamen pagar atau dinding rumah. Batu koral dapat juga dibuat sebagai mozaik dengan desain tertentu.


Macam - macam batu alam dan batu koral

 Mozaik batu alam indah di taman