Denah Rumah Minimalis Tipe 36

Denah Rumah Minimalis Tipe 36 - Berbagai macam bentuk dan tipe rumah akhir-akhir ini banyak ditawarkan oleh developer atau pemborong. Dengan ukuran luas tanah yang tidak terlalu luas tampaknya harus membuat kita memilih desain yang cocok dengan apa yang kita inginkan. Rumah tipe 36 saat ini merupakan salah satu alternatif yang dapat kita ambil.Meski tidak terlalu luas, dengan memaksimalkan desain denah ruangan, rumah tipe 36 dapat nyaman ditinggali dan tetap menjaga privasi.
Untuk kenyamanan dan kesehatan penghuni rumah, sirkulasi udara, penataan interior, dan pencahayaan adalah aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pembangunan rumah tipe 36.

Sebagai gambaran, ini adalah denah standar rumah dan apartemen tipe 36:



Untuk rumah tipe 36 standar anda dapat banyak melakukan perubahan tergantung luas tanah yang tersedia.
Berbeda dengan apartemen tipe 36 ruangan yang sempit memang cukup menyulitkan menimbulkan kesan minimalis modern. Penggunaan partisi-partisi yang bisa dibongkar pasang merupakan alternatif terbaik. Namun tidak perlu khawatir, pemilihan interior ruangan dan warna cat yang tepat akan sangat membantu.
Untuk membuat denah rumah tipe 36 mulailah dengan membuat daftar ruangan yang dibutuhkan berikut luas yang diinginkan. Mulai dengan ruangan yang utama terlebih dahulu seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu dan seterusnya. Kemudian hitung luas masing-masing ruangan, lalu susun posisi ruangannya.
Kemudian anda dapat memperkirakan perabotan yang akan dimasukkan ke dalam ruangan tersebut. Pastikan masih cukup banyak area untuk sirkulasi udara dan ruang gerak penghuni untuk kenyamanan anda.
Sebaiknya posisi ruangan yang basah, seperti dapur, kamar mandi, tempat mencuci, dibuat secara berdekatan atau berada dalam satu jalur untuk memudahkan pemasangan instalasi air bersih dan air kotor. Usahakan saluran pembuangan air kotor ke septic tank lurus tanpa berbelok/berkelok.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah minimalis tipe 36 ini adalah :
  1. Saluran atau sirkulasi udara dan sinar matahari yang maksimal untuk kesehatan dan kenyamanan. Untuk bisa mendapatkan sirkulasi udara, buatlah langit-langit yang agak tinggi atau sebuah bagian atap yang bertingkat. Agar sinar matahari bisa masuk, buatlah bukaan menghadap datangnya sinar. Bukaan tersebut bisa berupa pintu atau jendela.
  2. Sebaiknya rumah anda memiliki taman yang berfungsi sebagai penyaring karbondioksida di siang hari dan udara kotor serta debu yang masuk ke dalam rumah dan sebagai penambah oksigen.
Sebagai contoh, ini adalah gambar denah rumah bertingkat tipe 36 yang baik:





Untuk mendapatkan susunan yang pas, terkadang Anda harus memindahkan, mencoret, mengurangi, atau menambahkan bagian-bagian tertentu hingga akhirnya denah rumah minimalis Anda terlihat ideal.

Bila jumlah anggota keluarga anda bertambah dan membutuhkan ruangan yang lebih luas, renovasi harus dilakukan. Renovasi yang paling sering dilakukan adalah dengan meningkatkan rumah , atau dengan menggabungkan dua rumah tipe 36.

Berikut ini adalah gambar denah rumah tipe 36 yang telah digabungkan:




Berbagai macam desain rumah minimalisuntuk tipe rumah dengan bangunan 36 m2. Untuk mengambil keputusan desain yang akan kita ambil, selain pertimbangan yang telah dibahas di atas perlu pertimbangan lain yaitu anggaran biaya, letak rumah, serta iklim daerah yang akan kita bangun rumahnya. Desain rumah minimalis di Surabaya dan Jakarta tentunya sedikit berbeda dengan desain rumah minimalis yang akan dibangun di Bandung atau malang yang beriklim sejuk.

Selamat membangun...!